Tentang Blog
- 10.39 - 0 komentar
Cara 20% Yang Menghasilkan 80% Traffic
Sekarang bagaimana pula bisa melakukan cara 20% menghasilkan 80% mendatangkan pengunjung ke situs/blog kita.
Ada berbagai cara untuk mendatangkan traffic ke situs/blog anda, yaitu:
1. List anda sendiri
2. List JV (joint venture) partner anda
3. Traffic dari affiliate
4. Forum marketing
5. Article marketing
6. Search engine / PPC (pay-per-click) advertising seperti Google Adwords
7. Social bookmarking
Ketujuh cara mendatangkan traffic di atas telah diurut sesuai dengan mendapatkan pengunjung yang paling berkualitas sampai dengan yang paling tidak berkualitas.
Seperti kata orang orang “Not all traffic are created equal”, artinya kualitas pengunjung yang datang ke situs/blog kita tidak semuanya sama. Dengan kata lain, ada pengunjung yang lebih penting, dan ada pula pengunjung yang tidak begitu penting.
Tugas kita adalah meng-identifikasi traffic dari mana yang akan menghasilkan pengunjung yang berkualitas. Pengunjung yang berkualitas artinya mereka siap membeli produk/jasa yang kita tawarkan atau rekomendasikan.
Jadi tujuan kita adalah mendatangkan traffic yang berkualitas, bukan hanya sekedar mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya. Ini sangat berlaku apabila anda menjual produk dan jasa sendiri atau orang lain. Mending kita dapat 10 pengunjung berkualitas di banding dapat 50 pengunjung yang tidak berkualitas.
Kalau tujuan anda hanya mendapatkan duit dari iklan pay-per-clik seperti Adsense, pengunjung yang tidak berkualitas pun tidak masalah, toh mereka hanya perlu klik iklan tsb dan kita akan dibayar.
Oke, sekarang mari kita lihat satu per satu ketujuh cara yang disebutkan di atas:
1. List Kita sendiri
List kita sendiri maksudnya adalah database (daftar nama) yang anda telah bangun. Ini BUKAN database kenalan pribadi anda seperti teman sekolah, teman kuliah, TTM, rekan kerja, atau keluarga kita
misalnya kita buat colom dimana pengunjung bisa mengisi nama dan email mereka untuk mendapatkan tips dan strategi bisnis di Internet secara Gratis.
Nah setiap kali ada orang yang mengisi nama dan email mereka, kita mendapatkan 1 orang yang masuk ke list (database) kita. Mereka memberikan nama dan email mereka ke kita secara sukarela tanpa paksaan apapun dari saya.
Ini namanya membangun list. Semakin besar list kita, artinya semakin banyak daftar nama yang telah kita kumpulkan.
Mengapa kita harus menempatkan “list kita sendiri” di nomor 1 di antara ketujuh cara mendatangkan traffic?
Karena jika kita telah membina hubungan dengan baik kepada list kita, kemungkinan mereka membeli produk dan jasa yang kita tawarkan/rekomendasikan akan lebih tinggi di banding apabila kita mendatangkan pengunjung dengan 6 cara lainnya yang tercantum di atas.
Manusia membeli dari orang yang mereka percayai. Sekali lagi, kalau anda telah membina hubungan dengan baik kepada list kita, menjual kepada mereka tidak susah koq (dengan catatan produk kita bermutu dan sasaran anda tepat).
Perhatikan kata-kata “dengan baik” yang kita tebalkan dan gariskan di atas. Kalau anda telah mengumpulkan daftar nama, tetapi tidak membina hubungan dengan mereka, atau lebih parah lagi, setiap hari kita hanya mengirimkan email jualan, maka jangan harap mereka akan percaya dan membeli dari kita!
Ini namanya membina “hubungan buruk”
2. List JV (joint venture) partner Kita
Sama seperti list kita sendiri, hanya bedanya ini adalah list JV partner kita.
Apa itu JV partner?
JV partner adalah orang yang kita ajak kerjasama (biasanya di bidang yang sama) untuk menawarkan produk dan jasa kita kepada list (daftar nama) yang dimiliki orang tsb.
Contoh: kita bermain di bidang Internet Marketing. kita bisa mencari siapa saja yang bermain di Internet Marketing yang mempunyai list yang besar, lalu kita akan menawarkan mereka kerjasama (JV) untuk memasarkan produk kita.
Orang-orang yang telah bekerjasama dengan kita disebut JV partner.
Apabila JV partner kita telah membina hubungan yang baik dengan listnya, maka ketika ia merekemondasi produk kita, biasanya sih tidak terlalu sulit untuk ia berhasil menjualnya
3. Traffic dari affiliate
Ini adalah traffic yang datang dari hasil promosi para affiliate.
Apabila kita bingung apa itu affiliate, affiliate adalah mereka yang membantu mempromosikan produk/jasa kita dalam bentuk mendatangkan traffic ke situs kita. Jika dari traffic tsb ada yang membeli produk/jasa kita, sang affiliate mendapatkan komisi.
Jika affiliate yang mengirim pengunjung ke situs kita adalah affiliate yang sudah cukup berpengalaman dan mahir, biasanya pengunjung yang ia kirim adalah pengunjung yang berkualitas yang lebih memungkinkan membeli dari kita, di banding affiliate yang masih awam yang tidak tahu apa yang sedang mereka lakukan.
4. Forum marketing
Mendatangkan traffic dengan nomor 1-3 berlaku apabila kita mempunyai produk sendiri.
Apabila kita tidak memilik produk sendiri untuk dijual, kita bisa menggunakan metode 4-7 untuk mendatangkan traffic.
Forum marketing artinya kita menggunakan sarana forum untuk mendatangkan pengunjung ke situs kita.
Contoh:
Dewi tidak punya produk sendiri, tapi ia mau memasarkan ebook yang mengajarkan kepada ibu-ibu bagaimana merawat bayinya dengan baik dan benar. Oleh karena itu ia bergabung di 2 atau 3 forum terkenal yang membahas ttg topik tsb.
Untuk berhasil menjual kepada ibu-ibu yang berada di forum, Dewi perlu membina hubungan yang baik dengan mereka. Ia aktif memberikan saran dan masukan ketika ada yang bertanya di forum.
Perlahan-lahan para ibu-ibu di forum sudah mengenal Dewi dan di mata mereka, Dewi adalah sang Ibu yang jujur dan bisa dipercayai. Dengan adanya hubungan baik seperti ini, Dewi akan lebih mudah menjual ebook tsb.
5. Article marketing
Article marketing adalah marketing dengan menggunakan sarana artikel untuk mendatangkan pengunjung ke situs kita.
Menggunakan contoh di atas, Dewi juga menulis beberapa artikel yang berbobot dan ia submit ke beberapa artikel direktori yang terkenal.
Artikel direktori adalah situs yang menampung ribuan artikel dengan semua jenis topik. Ya, beneran semua jenis topik. Dari bisnis, finance, games, health, sports, family, entertainment - semuanya ada
Siapa yang menulis artikel-artikel tsb?
Jawabannya adalah: siapa saja yang ingin menulis artikel, lalu ia sebarkan ke artikel direktori.
Apa keuntungannya seseorang seperti Dewi menulis artikel lalu disebarkan ke artikel direktori?
Jawabannya adalah: Di akhir setiap artikel penulis bisa memberikan link yang menuju ke situsnya di bagaian “Author resource box”. Apabila artikel yang ditulisnya berbobot dan pembaca merasa bermanfaat, ia akan klik link tsb dan Dewi mendapatkan 1 pengunjung
Selain itu, Dewi juga mendapatkan 1 way backlink dari situs artikel direktori ke situsnya. Ini akan memperkuat posisi situs Dewi di search engine, terutama Google.
6. Search engine / PPC (pay-per-click) advertising seperti Google Adwords
Search engine:
ini sangat familiar dengan kita. Artinya ketika ada yang mencari informasi di search engine, harapan kita adalah situs kita muncul di halaman pertama search engine tsb, sehingga kemungkinannya si pencari meng-klik situs kita lebih besar.
Karena si pencari sendiri yang mengetik kata kunci di search engine, berarti ia memang ada niat untuk mencari informasi ttg topik tsb. Oleh karena itu kita menempatkan metode mendapatkan traffic ini di atas Social Bookmarking.
PPC seperti Google Adwords:
Ini mirip dengan search engine, hanya saja untuk mendapatkan traffic dari search engine gratis, sedangkan untuk mendapatkan traffic dari Google Adwords berbayar.
7. Social bookmarking
Dikutip dari “Tentang Bisnis Online“:
Ketika kita mengunjungi sebuah website dan kita menyukainya, kita akan bookmark website tsb bukan?
Nah, dengan social bookmarking, artinya anda bookmark website juga, hanya saja dalam hal ini ketika kita bookmark sebuah website, kita men-sharing kepada orang lain bahwa kita telah bookmark website tsb.
Dengan kata lain, kita kasih tahu kepada orang2 bahwa website tsb adalah website yang bagus. Orang lain juga bisa bookmark website tsb. Semakin banyak orang yang bookmark sebuah website, maka semakin popular website tsb, dan ini artinya semakin banyak pula pengunjung yang akan datang.
Tips; kita bisa membuat account di berbagai situs social bookmarking dan masing2 mem-bookmark website kita
Berikut adalah beberapa situs social bookmarking yang populer:
Traffic dari situs social boomarking tidak tertarget, atau dengan kata lain tidak berkualitas. Kalau kita hanya ingin mereka meng-klik iklan Adsense kita, masih memungkinkan. Namun, sulit sekali untuk anda berhasil menjual produk atau jasa apabila kita mengandalkan traffic dari social bookmarking.
Semoga Bermanfaat
0 Responses to "Cara 20% Yang Menghasilkan 80% Traffic"
Posting Komentar